Ketika KH. Wahid Hasyim melepas jabatannya..

Ketika KH. Wahid Hasyim melepas jabatannya sebagai menteri agama pada tahun 1951, teman-teman beliau kecewa karena tidak lagi duduk di kabinet. Gus Wahid menjawab dengan tentang dan penuh riang: “tidak ada gunanya kecewa teman-temanku, saya masih bisa duduk di rumah saya. Ada beberapa kursi dan sebuah dipan panjang yang nyaman. Saya tinggal memilih,” lanjut abahnya Gusdur. Teman2nya tetap kecewa, mereka mengucap” Ya, tapi kami merasa kecewa karena pemerintahan tidak lagi menggunakan pemimpin kami. lantas Kiai Wahid menjawab:”Nah kalau pemerintah tidak memperoleh kemaslahatan dari diri saya, maka sayalah yang akan mendapatkan maslahat itu untuk diri saya sendiri. Begitu bijaknya jawaban KH. Wahid Hasyim, tokoh nasional, Coba bandingkan dengan pemimpin-pemimpin sekarang…

